KKPI
JARINGAN
KOMPUTER
1.
Pengenalan jaringan computer
Jaringan computer adalah sebuah system yang menghubungkan dua
node (computer/device/virtual machine) atau lebih menggunakan media komunikasi
berupa kabel (wire) atau tanpa kabel (wireless) sebagai perantara serta
membutuhkan protokol-protokol komunikasi untuk bisa saling berbagi sumber daya
seperti software ataupun data maupun perangkat keras seperti printer dan media penyipanan.
2.
Manfaat jaringan
komputer
Manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya jaringan
komputer, yaitu bisa dikategorian kedalam sebuah perusahaan/organisasi dan
masyarakat umum.
a.
Perusahaan atau
organisasi
1.
Berbagi sumber
daya seperti data dari server atau perangkat keras seperti printer dan scanner
bisa di sharing untuk digunakan bersama-sama,
2.
Arus informasi
menjadi cepat dan tidak dibatasi ruang dan waktu,
3.
Menjadi media
komunikasi antar karyawan dalam perusahaan
4.
Dari sisi
keamanan data, jaringan komputer bisa menjamin hak akses setiap pengguna dalam
perusahaan tersebut,
5.
Integrasi data,
data yang ada dalam suatu organisasi bisa saling terintegrasi atau terhubung
satu sama lain seperti data penjualan dan bon
6.
Efesiensi dan
penghematan anggaran perusahaan seperti transport dan anggaran yang sifatnya
bisa digantikan oleh jaringan komputer.
b.
Masyarakat umum
Manfaat yang bisa dirasakan oleh
masyarakat umum adalah adanya jaringan komputer yang memiliki skala lebih besar
atau internet. Bai pendidikan, internet bisa dimanfaatkan untuk mencari sumber
resensi sperti journal, makalah, dan lain-lain. Fasilitas yang bisa
dimanfaatkan antara lain:
1.
E-mail adalah
fasilitas internet yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik,
2.
Sosial media
adalah komunikasi yang saat ini sedang tren di dunia seperti facebook, twitter,
dan lain-lain,
3.
Mailing list,
digunakan untuk berdiskusi di internet,
4.
Chatting room,
digunakan untuk bercakap-cakap di internet,
5.
Video conference
yaitu fasilitas yang bisa digunakan bertatap muka dalam jarak jauh di internet
6.
VOIP, teknilogi
ini bisa mentransfer suara lewat internet, dengan kata lain VOIP sebagai solusi
untuk menelepon seseorang dengan hanya menggunakan internet dan tidak perlu
membayar pulsa seperti telepon umum.
3.
Topologi jaringan
Topologi merupakan suatu pola hubungan antar terminal
dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode akses dan
media penyimpanan yang digunakan. Topologi yang ada sangatlah bergantung dengan
letak geografis dari masing-masing terminal, kualitas kontrol yang dibutuhkan
dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman
data.
Model penyambungan antar komputer (topologi) didalam
sebuah jaringan adalah beberapa macam model sebagai berikut:
a.
Point to point
(titik ke titik/ topologi bus)
Jaringan kerja point to point
atau bisa disebut topologi bus merupakan jaringan kerja yang paling sederhana
tetapi dapat digunakan secara luas/ begitu sederhananya jaringan ini, sehingga
seringkali tidak dianggap sebagai suatu jaringan tetapi hanya merupakan
komunikasi biasa.
Dalam hal ini kedua simpul mempunyai kedudukan yang
setingkat, sehingga simpul manapun dapat memulai dan mengendalikan hubungan
dalam jaringan tersebut. Data dikirim dari satu simpul langsung ke simpul
lainnya sebagi penerima, misalnya antara terminal dengan PC.
b.
Star network
(jaringan/topologi bintang)
Pada topologi star, masing-masing workstation
dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi ini
adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server,
bandwith atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar, sehingga
akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Bila terdapat
gangguan disuatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi
antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan
tidak mengalami gangguan. Kelemahan dari topologi star adalah kebutuhan kabel
yang lebih besar dibanding topologi lainnya.
c.
Ring network
(topologi cincin)
Didalam topologi ring semua workstation
dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran. Tiap
workstation/server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke
komputer lain, bila alamat yang dimaksud sesuai maka akan diterima, tapi jika
tidak sesuai akan dilewatkan.